Berita Utama

KERAJINAN TAS RAJUT

Dilihat : 109 Kali, Updated: Senin, 04 Maret 2019
KERAJINAN TAS RAJUT

PEMBUATAN TAS RAJUT

Di Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, terdapat sebuah kerajinan yaitu berupa tas rajut . Tas rajut yang dibuat oleh Ibu Arba’a sudah ditekuni selama kurang lebih tiga tahun. Berawal dari coba-coba melihat di youtube hingga akhirnya Ibu Arba’a kini menjadi mahir dalam membuat kerajinan tas rajut. Kerajinan tas rajut tersebut merupakan sebuah karya yang sulit di buat. Tetapi dengan ketekunan Ibu Arba’a membuahkan hasil berupa karya-karya yang indah.

Ibu Arba’a membuat tas rajut dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil, sedang sampai ukuran besar dengan berbagai macam motif yang menarik. Semakin menarik motifnya semakin sulit tingkat untuk merajut. Semakin sulit untuk merajut, semakin mahal pula harganya.

Tas yang terbuat dari talikur atau rangkaian dari tali, sekarang makin banyak di gemari. Di berbagai toko tas dan accesoris juga telah banyak dijual produk tas dari talikur dengan berbagai bentuk, model yang menarik dan cocok untuk wanita.

Keunggulan talikur ini adalah bahannya yang kuat menjadikan tas lebih awet dan tahan lama. Motif yang unik dengan rangkaian tali yang disusun rapi dan dimodifikasi dengan tambahan rajutan bunga yang dipadukan oleh tas talikur, akan menjadikan tas talikur lebih cantik dipakai oleh penggunanya.

Kelemahannya, tas dari talikur ini lumayan rumit untuk dibuat. Selain itu, perlu ketelitian tingkat tinggi serta kesabaran. Kreatifitas sangat diperlukan dalam pembuatan tas talikur ini karena semakin tinggi tingkat kreatifitas pembuatannya maka semakin bagus pula model tas yang dihasilkan dan akan semakin mahal pula harganya.

Bagi yang berminat silahkan kunjungi di desa Alasmalang tepatnya di Dusun III Rt 03 Rw 05

Inilah contoh hasilnya

K

Komentar